Koperasi Mahasiswa: Pengertian, Tugas, dan Alasan Bergabung Organisasi Ini

Organisasi Koperasi Mahasiswa - duniakampus.id

Kamu tertarik bergabung dengan organisasi Koperasi Mahasiswa (Kopma)? Organisasi ini mungkin tidak sepopuler organisasi mahasiswa lainnya, tetapi Kopma memiliki banyak manfaat dan peluang bagi para anggotanya.

Nah, dalam artikel ini, aku akan membahas tentang pengertian Kopma, tugas-tugasnya, dan alasan mengapa kamu harus bergabung dengan Kopma. Jadi, simak sampai akhir ya!

Apa itu Koperasi Mahasiswa?

Koperasi mahasiswa atau Kopma, adalah organisasi yang didirikan oleh, untuk, dan dari mahasiswa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosial para anggotanya. Berbeda dengan koperasi pada umumnya, Kopma dikelola secara mandiri oleh mahasiswa dan memiliki fokus pada kepentingan mahasiswa.

Kopma biasanya menyediakan berbagai kebutuhan mahasiswa, seperti alat tulis, buku, sembako, makanan dan minuman, hingga jasa fotokopi, percetakan, dan layanan internet. Selain itu, Kopma juga aktif dalam mengadakan kegiatan sosial dan edukatif untuk mengembangkan diri dan berkontribusi bagi masyarakat.

Tujuan Koperasi Mahasiswa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan Kopma tidak hanya terbatas pada pemenuhan kebutuhan ekonomi dan sosial para anggotanya. Kopma memiliki beberapa tujuan mulia, antara lain:

1. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Kopma bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dengan menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan jasa dengan harga yang terjangkau dan berkualitas. Hal ini membantu meringankan beban ekonomi para mahasiswa, terutama mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

2. Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan dan Solidaritas

Keterlibatan dalam pengelolaan Kopma memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tentang kewirausahaan dan kepemimpinan. Pengalaman ini menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian, serta melatih kerja sama dan solidaritas antar mahasiswa.

3. Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Kopma sering mengadakan berbagai kegiatan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para anggotanya. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja.

4. Membangun Kepedulian Sosial

Kopma aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Hal ini menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggung jawab sosial para mahasiswa terhadap lingkungannya.

5. Memperkuat Semangat Gotong Royong dan Kerjasama

Koperasi mahasiswa merupakan wujud nyata dari semangat gotong royong dan kerjasama antar mahasiswa. Melalui Kopma, mahasiswa belajar untuk saling membantu dan bahu membahu dalam mencapai tujuan bersama.

Tugas Koperasi Mahasiswa

Untuk mencapai tujuan-tujuan mulia tersebut, Koperasi Mahasiswa memiliki beberapa tugas utama, yaitu:

1. Menyediakan Berbagai Kebutuhan Mahasiswa

Kopma bertugas menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan jasa yang dibutuhkan oleh para anggotanya, seperti alat tulis, buku, sembako, makanan dan minuman, hingga jasa fotokopi, percetakan, dan layanan internet. Hal ini dilakukan dengan harga yang terjangkau dan berkualitas agar dapat membantu meringankan beban ekonomi para mahasiswa.

2. Melaksanakan Kegiatan Ekonomi dan Sosial

Kopma bertugas untuk melaksanakan berbagai kegiatan ekonomi dan sosial yang bermanfaat bagi para anggotanya dan masyarakat. Kegiatan ekonomi tersebut dapat berupa penjualan berbagai kebutuhan pokok dan jasa, sedangkan kegiatan sosialnya dapat berupa seminar, workshop, bakti sosial, dan kegiatan keagamaan.

3. Meningkatkan Kualitas Layanan

Kopma bertugas untuk terus meningkatkan kualitas layanannya agar dapat memberikan kepuasan bagi para anggotanya. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan produk dan jasa yang lebih beragam, meningkatkan kualitas produk dan jasa, dan meningkatkan pelayanan kepada para anggota.

4. Membina Kerjasama dengan Pihak Lain

Kopma bertugas untuk membina kerjasama dengan pihak lain, seperti universitas, lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan. Kerjasama ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan bantuan dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan Kopma.

5. Menjaga Kelestarian Koperasi

Kopma bertugas untuk menjaga kelestarian koperasi dengan menerapkan prinsip-prinsip koperasi yang baik dan benar. Hal ini dilakukan dengan menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan, melibatkan para anggota dalam pengambilan keputusan, dan menjaga nilai-nilai kekeluargaan dan gotong royong antar anggota.

Kegiatan dalam Koperasi Mahasiswa

Untuk melaksanakan tugas-tugasnya, Koperasi Mahasiswa biasanya menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti:

1. Kegiatan Ekonomi

  • Penjualan berbagai kebutuhan pokok dan jasa, seperti alat tulis, buku, sembako, makanan dan minuman, fotokopi, percetakan, dan layanan internet.
  • Penyediaan layanan keuangan, seperti simpan pinjam, pembayaran tagihan, dan transfer uang.
  • Penyelenggaraan bazar dan pameran untuk memasarkan produk-produk anggota Kopma.

2. Kegiatan Sosial

  • Penyelenggaraan seminar dan workshop untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggota.
  • Penyelenggaraan bakti sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
  • Penyelenggaraan kegiatan keagamaan untuk memperkuat nilai-nilai spiritual para anggota.

3. Kegiatan Keorganisasian

  • Rapat anggota untuk membahas berbagai hal terkait pengelolaan Kopma.
  • Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kapasitas para pengurus dan anggota Kopma.
  • Kegiatan rekreasi dan refreshing untuk menjalin kebersamaan antar anggota Kopma.

4. Kegiatan Edukasi dan Pelatihan

  • Pelatihan kewirausahaan untuk membantu para anggota Kopma dalam memulai usaha.
  • Pelatihan kepemimpinan untuk meningkatkan kemampuan para pengurus dan anggota Kopma dalam memimpin organisasi.
  • Pelatihan komputer dan internet untuk membantu para anggota Kopma dalam memanfaatkan teknologi informasi.

5. Kegiatan Lainnya

  • Kegiatan olahraga dan seni untuk meningkatkan kesehatan dan kreativitas para anggota Kopma.
  • Kegiatan bakti lingkungan untuk menjaga kelestarian alam.
  • Kegiatan advokasi untuk memperjuangkan hak-hak mahasiswa.

Jenis dan intensitas kegiatan dalam Koperasi Mahasiswa dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan dan kondisi di masing-masing kampus. Kalau kamu tertarik untuk bergabung dengan Koperasi Mahasiswa, kamu dapat menghubungi pengurus Kopma di kampusmu masing-masing ya.

Alasan Kenapa Harus Masuk Koperasi Mahasiswa

Setelah mengetahui tugas dan kegiatan dalam Koperasi Mahasiswa, mungkin kamu bertanya-tanya, “Kenapa aku harus bergabung dengan Koperasi Mahasiswa?”. Berikut beberapa alasannya:

1. Memenuhi Kebutuhan dengan Harga Terjangkau

Kopma menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan jasa dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan toko-toko di luar kampus. Hal ini dapat membantu meringankan beban ekonomi para mahasiswa, terutama mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

2. Mengembangkan Diri dan Berprestasi

Keterlibatan dalam pengelolaan Kopma memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tentang kewirausahaan, kepemimpinan, dan manajemen. Pengalaman ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berprestasi di berbagai bidang.

3. Membangun Jaringan dan Relasi

Kopma merupakan wadah untuk bertemu dan menjalin hubungan dengan mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan. Hal ini dapat membantu mahasiswa dalam membangun jaringan dan relasi yang bermanfaat untuk masa depan mereka.

4. Meningkatkan Kepedulian Sosial

Kopma aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap lingkungannya.

5. Memperkuat Semangat Gotong Royong dan Kerjasama

Koperasi mahasiswa merupakan wujud nyata dari semangat gotong royong dan kerjasama antar mahasiswa. Melalui Kopma, mahasiswa belajar untuk saling membantu dan bahu membahu dalam mencapai tujuan bersama.

Kesimpulan

Koperasi mahasiswa adalah organisasi yang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Selain memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosial, Kopma juga membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri, membangun kepedulian sosial, dan memperkuat semangat gotong royong dan kerjasama. 

Gimana? Banyak banget kan manfaat jika kamu mengikuti Kopma. Jadi, jangan ragu lagi ya buat daftar organisasi Kopma di kampusmu.

Selain koperasi mahasiswa, banyak organisasi lain yang bisa diikuti oleh mahasiswa lho, antara lain sebagai berikut.

Baca juga: