12 Benda-Benda yang Dibutuhkan oleh Mahasiswa

Benda-Benda yang Dibutuhkan oleh Mahasiswa

Bagi kamu para mahasiswa baru yang baru saja masuk ke dunia kuliah, pasti penasaran dong dengan barang-barang apa saja yang wajib dimiliki selama masa perkuliahan. Nah, di artikel kali ini, Dunia Kampus akan membahas tentang 12 benda-benda yang dibutuhkan mahasiswa.

Memasuki dunia perkuliahan memang berbeda dengan masa SMA. Beban belajar yang lebih berat dan tugas yang lebih banyak menuntut para mahasiswa untuk memiliki persiapan yang matang. Salah satunya adalah dengan memiliki benda-benda yang menunjang kegiatan belajar dan berkuliah.

Berikut ini adalah daftar 12 benda yang dibutuhkan oleh para mahasiswa:

1. Buku Referensi (Buku Kuliah)

Buku referensi atau buku kuliah adalah benda paling utama yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Buku ini berisi materi-materi yang akan dipelajari selama perkuliahan. Biasanya, dosen akan memberikan daftar buku referensi yang wajib dibaca oleh mahasiswa.

Pastikan kamu memilih buku referensi yang sesuai dengan yang disuruh oleh dosenmu dan pastikan kredibilitas penulisnya. Manfaatkan perpustakaan kampus atau toko buku offline maupun online untuk mencari buku yang terbaik.

2. Alat Tulis

Meskipun saat ini sudah banyak mahasiswa yang menggunakan laptop untuk mencatat, alat tulis seperti pulpen, pensil, spidol, dan stabilo tetaplah benda yang penting. Alat tulis ini akan dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti mencatat di kelas, mengerjakan tugas, dan melakukan ujian.

Pilihlah alat tulis yang berkualitas dan nyaman digunakan. Sesuaikan jenis alat tulis dengan kebutuhanmu, seperti pulpen gel, pulpen ballpoint, pensil mekanik, atau stabilo highlighter. Simpan alat tulis di tempat yang rapi dan mudah dijangkau.

3. Buku Tulis / Catatan

Benda yang dibutuhkan mahasiswa berikutnya adalah buku tulis. Buku tulis atau catatan adalah tempat untuk mencatat materi-materi yang disampaikan di kelas. Pastikan kamu selalu membawa buku tulis saat mengikuti perkuliahan agar tidak ketinggalan informasi penting.

Pilihlah buku tulis dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada berbagai jenis buku tulis yang tersedia, seperti buku tulis polos, buku tulis bergaris, dan buku tulis bermata grid. Gunakan buku tulis yang berkualitas agar catatanmu tidak mudah rusak atau robek.

4. Laptop

Laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi mahasiswa di era digital ini. Laptop digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengerjakan tugas, browsing internet, presentasi, dan bahkan mengikuti kelas online. Pastikan kamu memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu, ya.

Gunakan laptop secara bijak dan hindari multitasking yang berlebihan. Jaga laptop agar tidak terkena air, debu, dan benturan. Lakukan backup data secara rutin untuk menghindari kehilangan data.

5. Smartphone

Smartphone juga merupakan benda yang penting bagi mahasiswa. Smartphone dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti berkomunikasi dengan dosen dan teman, mencari informasi, dan mengakses berbagai aplikasi edukasi.

Gunakan smartphone secara bijak dan hindari penggunaan yang berlebihan, ya. Hindari pula menggunakan smartphone saat mengikuti perkuliahan agar fokus belajarmu tidak terganggu. Manfaatkan juga berbagai aplikasi edukasi yang tersedia di smartphone untuk membantu proses belajarmu.

6. Tas

Benda yang dibutuhkan mahasiswa selanjutnya adalah tas. Tas adalah benda yang digunakan untuk membawa semua keperluan kuliah, seperti buku, laptop, dan alat tulis. Pilihlah tas yang kuat, nyaman dipakai, dan memiliki ruang yang cukup untuk menampung semua barang bawaanmu.

Ada berbagai jenis tas yang tersedia, seperti tas ransel, tas tote bag, dan tas selempang. Pilihlah tas yang sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu. Pastikan tasmu memiliki kompartemen yang terpisah untuk menyimpan barang-barang elektronik, seperti laptop dan smartphone.

7. Drive (Flashdisk / Google Drive)

Drive, baik itu flashdisk maupun Google Drive, juga sangat penting dimiliki mahasiswa untuk menyimpan data-data penting, seperti tugas, makalah, dan presentasi. Pastikan kamu selalu membawa flashdisk atau memiliki akses ke Google Drive saat berkuliah, ya.

8. Dompet

Dompet tentunya juga wajib dimiliki mahasiswa untuk menyimpan uang, kartu identitas, dan kartu lainnya. Pastikan kamu selalu membawa dompet saat berkuliah agar tidak terhambat saat membutuhkan uang atau kartu, ya.

Pilihlah dompet yang sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu. Ada berbagai jenis dompet yang tersedia, seperti dompet kulit, dompet kain, dan dompet silikon. Pastikan dompetmu memiliki ruang yang cukup untuk menampung uang tunai, kartu identitas, dan kartu lainnya.

Baca juga: Apa itu Kartu Tanda Mahasiswa?

9. Botol Minum Isi Ulang

Menjaga hidrasi tubuh sangatlah penting selama masa perkuliahan. Bawalah botol minum isi ulang sendiri agar kamu dapat menghemat uang dan mengurangi sampah plastik.

Pilihlah botol minum isi ulang yang sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu. Ada berbagai jenis botol minum isi ulang yang tersedia, seperti botol minum stainless steel, botol minum plastik, dan botol minum kaca. Pastikan botol minummu memiliki tutup yang rapat agar air tidak tumpah.

Gunakan botol minum isi ulangmu dengan baik dan rajinlah membersihkannya. Bawalah selalu botol minum isi ulang saat berkuliah agar kamu selalu terhidrasi dengan baik.

10. Sticky Note (untuk catatan penting)

Benda yang dibutuhkan mahasiswa berikutnya adalah sticky note. Sticky note atau kertas tempel dapat digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang ingin kamu ingat. Kamu dapat menempelkan sticky note di buku, laptop, atau tempat lainnya yang mudah terlihat.

11. Sepatu untuk Kuliah

Sepatu untuk kuliah yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca juga harus dimiliki oleh mahasiswa. Kamu bisa memilih sepatu sneakers, flat shoes, atau boots, tergantung pada kebutuhan dan keinginanmu.

Pilihlah sepatu yang nyaman dipakai dan sesuai dengan gaya berpakaianmu. Pastikan sepatumu memiliki sol yang kuat dan tahan lama. Rawatlah sepatumu dengan baik agar tahan lama. Gunakan sepatu yang tepat saat berkuliah agar kamu dapat beraktivitas dengan nyaman dan bebas.

12. Pakaian Kuliah

Pakaian kuliah yang rapi dan sopan tentunya akan membuat kamu lebih percaya diri saat mengikuti perkuliahan. Pastikan kamu memiliki pakaian yang cukup untuk dipakai selama seminggu, ya.

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu. Perhatikan juga kesopanan dan etika berpakaian saat mengikuti perkuliahan. Rawatlah pakaianmu dengan baik agar selalu rapi dan nyaman dipakai.

Nah, itulah pembahasan tentang 12 benda-benda yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Dengan melengkapi diri dengan 12 barang wajib di atas, kamu akan lebih siap menjalani masa perkuliahan dengan lebih lancar dan menyenangkan. Perlu diingat, kunci utama kesuksesan adalah disiplin, kerja keras, dan semangat belajar yang tinggi. Good luck!

Baca juga artikel lainnya seputar kehidupan dunia kampus di sini ya.

Baca juga: