Perbedaan Tanda Tangan dan Paraf (Beda Penggunaan)

Perbedaaan Tanda Tangan dan Paraf

Kamu bingung membedakan antara tanda tangan dan paraf? Meskipun sekilas tampak mirip, keduanya memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda. Kesalahan penggunaan tanda tangan dan paraf dapat berakibat fatal, lho!

Di artikel ini, duniakampus.id telah merangkum perbedaan mendasar antara tanda tangan dan paraf. Yuk, simak selengkapnya!

Pengertian Paraf dan Tanda Tangan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan keduanya, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian dari paraf dan tanda tangan berikut ini:

Pengertian Paraf

Paraf adalah suatu simbol atau singkatan dari nama seseorang yang digunakan untuk memberikan persetujuan atau pengesahan pada bagian tertentu dari sebuah dokumen. Biasanya, paraf hanya terdiri dari satu atau beberapa huruf yang merepresentasikan inisial nama orang tersebut. 

Paraf sering kali ditempatkan di sudut atau bagian bawah halaman dokumen, dan kadang-kadang di setiap halaman dokumen panjang untuk memastikan bahwa setiap halaman telah dibaca dan disetujui oleh yang bersangkutan.

Pengertian Tanda Tangan

Tanda tangan adalah tulisan tangan yang unik yang digunakan seseorang untuk mengidentifikasi diri mereka dan mengesahkan dokumen. Tanda tangan biasanya terdiri dari nama lengkap atau setidaknya sebagian dari nama lengkap orang tersebut, ditulis dengan gaya yang khas dan tidak dapat dengan mudah ditiru. 

Tanda tangan memiliki kekuatan hukum yang kuat dan biasanya digunakan untuk mengesahkan kontrak, surat-surat resmi, dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Perbedaan Tanda Tangan dan Paraf

Sekarang, mari kita teliti perbedaan antara tanda tangan dan paraf dari segi bentuk, fungsi, dan jenis penulisannya berikut ini:

Perbedaan Bentuk

Salah satu perbedaan paling mencolok antara tanda tangan dan paraf adalah dalam bentuknya. Tanda tangan cenderung lebih kompleks dan sering kali melibatkan penulisan nama lengkap atau sebagian dari nama tersebut dalam gaya tulisan yang khas. 

Sebaliknya, paraf biasanya hanya berupa tanda atau coretan yang lebih sederhana, seperti garis lurus atau tanda lingkaran, tanpa melibatkan penulisan huruf-huruf tertentu.

Perbedaan Fungsi

Fungsi dari tanda tangan dan paraf juga memiliki perbedaan yang cukup jelas. Tanda tangan digunakan untuk tujuan yang lebih formal, seperti menandai kesepakatan hukum, kontrak, atau dokumen resmi lainnya. 

Tanda tangan mengandung makna otorisasi yang kuat dan dianggap sebagai komitmen serius dari pihak yang menandatanganinya. Di sisi lain, paraf lebih sering digunakan untuk tujuan yang lebih ringan atau cepat, seperti menandai surat atau memo internal di tempat kerja. Paraf biasanya tidak memiliki kekuatan hukum yang sama seperti tanda tangan.

Perbedaan Jenis Penulisan

Dalam hal jenis penulisan, tanda tangan biasanya ditulis dengan lebih rapi dan cermat, dengan penekanan pada detail dan estetika tulisan tangan. Ini karena tanda tangan sering kali digunakan dalam konteks formal di mana kejelasan dan keotentikan menjadi penting. 

Di sisi lain, paraf cenderung lebih spontan dan tidak terlalu diperhatikan secara detail. Sebagian besar orang menulis paraf mereka dengan cepat dan tanpa memperhatikan keindahan tulisan tangan.

Kesimpulan

Nah, itulah perbedaan antara tanda tangan dan paraf. Meskipun keduanya sering digunakan secara bersamaan dalam kehidupan sehari-hari, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam bentuk, fungsi, dan jenis penulisannya. 

Penggunaan tanda tangan menunjukkan persetujuan atau keabsahan dalam suatu dokumen atau transaksi, sementara paraf digunakan untuk keperluan administratif atau praktis. 

Selain itu, tanda tangan umumnya ditulis dengan cara yang lebih artistik atau khas, sementara paraf cenderung lebih standar dan sederhana dalam penulisannya. Sebagai mahasiswa, kalian wajib tau ini ya biar tidak bingung lagi.

Baca beberapa artikel terkait berikut yuk.

Baca juga: