9 Contoh Alasan Mengundurkan Diri dari Kuliah

Alasan Mengundurkan Diri dari Kuliah

Dalam artikel kali ini Duniakampus.id akan mengulas alasan seorang mahasiswa mengundurkan dari proses pendidikan saat kuliah.

Beberapa mahasiswa mungkin pernah mengalami hal ini dalam proses pendidikannya. Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa seorang mahasiswa bisa mengundurkan diri dari kuliah.

Sebelum mengetahui alasan apa saja alasan yang menyebabkan seorang mahasiswa harus mengundurkan diri dari kuliah, simak terlebih dahulu ulasan lengkap tentang hal ini.

Apakah Boleh Mahasiswa Mengundurkan Diri?

Pada dasarnya setiap mahasiswa yang berkuliah bisa mengundurkan diri dari proses pendidikan di perguruan.

Tidak ada aturan khusus yang mewajibkan setiap mahasiswa untuk menuntaskan pendidikan yang sedang dijalani hingga akhir.

Jika mengalami hambatan atau kendala dalam prosesnya, maka seorang mahasiswa berhak mengajukan pengunduran diri kepada pihak kampus.

Meskipun demikian, perlu diingat butuh pertimbangan yang matang bagi seorang mahasiswa untuk mengambil keputusan ini.

Kamu tidak bisa begitu saja memutuskan untuk berhenti kuliah tanpa memikirkan dampak ke depannya terlebih dahulu. Sebab, bisa jadi kesempatan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi belum tentu akan ada lagi di masa yang akan datang.

Oleh sebab itu, penting agar kamu memikirkan resiko dan langkah-langkah yang akan diambil berikutnya sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari kuliah.

Pertimbangan Mengundurkan Diri dari Kampus

Sebelum mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari kampus, kamu bisa melakukan beberapa pertimbangan dengan cara.

1. Pahami Diri Sendiri

Pertimbangan pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari kuliah adalah dengan dengan memahami dirimu sendiri.

Pasti ada alasan-alasan tertentu ketika terbesit keinginan untuk mengundurkan diri dari kuliah. Pikirkan kembali apakah alasan tersebut masih bisa ditolerir dengan berbagai macam solusi yang ada.

Jika memang tidak ada solusi dari alasan tersebut, kamu bisa memikirkan pertimbangan selanjutnya sebelum mengundurkan diri dari kuliah.

2. Diskusi dengan Keluarga

Setiap masalah yang dihadapi akan sulit diselesaikan jika kamu hanya mengandalkan tenaga yang dimiliki sendiri saja.

Kamu bisa berbagi beban yang dirasakan dengan menceritakan masalah yang sedang dialami kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga.

Bisa jadi, kamu akan menemukan solusi dari sudut pandang lain yang diberikan oleh keluarga yang mungkin saja tidak terpikirkan olehmu sebelumnya.

3. Diskusi dengan Dosen Pembimbing

Selain keluarga, kamu juga bisa berdiskusi tentang masalah yang dialami kepada dosen pembimbing yang ada di kampus.

Seperti namanya, dosen pembimbing memang bertugas untuk mendampingi setiap mahasiswa bimbingannya, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan urusan akademik di kampus.

Cobalah untuk berdiskusi dengan dosen pembimbing terkait masalah yang membuatmu mengundurkan diri dari kuliah. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan masukan dan sudut pandang baru dari sosok yang lebih berpengalaman di kampus.

4. Merencanakan Langkah Berikutnya

Petimbangan terakhir yang wajib kamu pikirkan sebelum mengundurkan diri dari kuliah adalah rencana yang akan kamu lakukan berikutnya.

Memikirkan rencana ini penting agar kamu tahu tujuan berikutnya yang harus dijalani setelah mengundurkan diri dari kuliah. Beberapa pilihan rencana yang bisa kamu ambil adalah bekerja, mengikuti kursus keterampilan, atau melanjutkan pendidikan di bidang lainnya.

Jangan sampai kamu tidak memikirkan hal ini terlebih dahulu agar tetap bisa produktif meskipun sudah tidak menempuh pendidikan di perguruan tinggi lagi.

Prosedur Mengundurkan Diri dari Kampus

Masing-masing kampus memiliki alur dan prosedur tersendiri bagi setiap mahasiswa yang ingin mengundurkan diri dari perkuliahan.

Berikut salah satu contoh prosedur mengundurkan diri dari kampus bagi mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, seperti yang dikutip dari laman resminya.

1. Mahasiswa tidak memiliki tagihan universitas, seperti uang kuliah, denda perpustakaan, dan biaya lainnya.

2. Mahasiswa mengunduh dan mengisi formulir Surat Permohonan Pengunduran Diri.

3. Menyerahkan Kartu Hasil Studi (KHS) dan Kartu Rencana Studi (KRS) selama menempuh pendidikan di perkuliahan.

4. Menyerahkan berkas yang sudah dipersiapkan ke bagian akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Artikel yang perlu kamu baca sebelum lanjut membaca artikel ini “9 Masalah yang Sering Dihadapi Mahasiswa Baru“.

Alasan Mengundurkan Diri dari Kuliah

Sebenarnya banyak sekali alasan yang bisa membuat seorang mahasiswa memutuskan untuk mengundurkan diri dan berhenti kuliah.

Berikut ini beberapa alasan yang sering dijumpai ketika seorang mahasiswa mengundurkan diri dari kuliah.

1. Masalah Finansial

Biaya pendidikan di perguruan tinggi yang tidak kecil seringkali menjadi hambatan bagi seorang mahasiswa untuk meneruskan pembelajaran di kampus.

Terkadang perekonomian keluarga yang pada awalnya baik-baik saja bisa berubah drastis seiring dengan berjalannya waktu. Apalagi biaya yang dibutuhkan untuk kuliah tidak hanya dalam hal uang kuliah saja, tetapi juga untuk kebutuhan hidup, khususnya bagi mahasiswa rantau.

Oleh sebab itu, kemampuan finansial menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi alasan seorang mahasiswa harus mengundurkan diri dari kuliah.

2. Masalah Kesehatan

Alasan berikutnya seorang mahasiswa harus mengundurkan diri dari kuliah adalah adanya masalah kesehatan.

Jika seorang mahasiswa menderita penyakit dalam jangka waktu yang panjang, maka hal ini bisa berpengaruh pada proses pembelajaran yang sedang dijalani.

Biasanya mahasiswa yang menderita masalah kesehatan akan berpindah ke kampus yang dekat dengan keluarganya, atau bahkan memutuskan untuk berhenti kuliah agar bisa lebih fokus pada proses penyembuhan.

3. Tidak Bisa Mengikuti Kegiatan Akademik dengan Maksimal

Terkadang tidak mahasiswa bisa mengikuti proses akademik di kampus, mulai dari belajar di kelas, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, hingga mengikuti ujian.

Terlebih sistem belajar yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan bangku sekolah membuat seorang mahasiswa, khususnya angkatan baru harus beradaptasi terlebih dahulu.

4. Merasa Salah Jurusan

Kamu pasti pernah menemukan teman angkatan yang merasa salah memilih jurusan seiring berjalannya proses pembelajaran di kampus.

Biasanya mahasiswa yang merasa salah jurusan ini disebabkan karena bidang yang ditekuni sekarang bukanlah pilihan pertamanya ketika mengikuti tes dulunya.

Mahasiswa yang mengalami kasus ini biasanya akan kembali mencoba ikut tes pada tahun berikutnya agar bisa lulus di jurusan yang diinginkannya.

Baca juga: Pengembangan Skill Bagi Mahasiswa

5. Tidak Bisa Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, kehidupan di lingkungan kampus akan jauh berbeda dengan apa yang pernah dilalui sebelumnya di bangku kuliah.

Jika tidak bisa beradaptasi dengan baik, maka seorang mahasiswa tentu tidak nyaman dengan proses pembelajaran di kampus, sehingga bisa memutuskan untuk mengundurkan diri dari kuliah.

6. Pindah Tugas dan Domisili

Alasan lain seorang mahasiswa memutuskan untuk mengundurkan diri dari kampus adalah pindah domisili atau tugas kerja.

Biasanya alasan ini terjadi pada mahasiswa yang memiliki tanggung jawab lain selain berkuliah, seperti sudah bekerja maupun berkeluarga.

7. Ingin Kerja Mencari Uang

Dalam beberapa kasus, ada sebagian mahasiswa yang menjalani perkuliahan sembari bekerja. Terkadang seorang mahasiswa tersebut bisa kesusahan dalam membagi waktu antara bekerja atau berkuliah.

Jika mahasiswa ini memutuskan untuk fokus bekerja dan mencari uang, maka dia bisa memutuskan untuk mengundurkan diri dari perkuliahan.

8. Ingin Pindah Kampus

Tidak berkuliah di kampus impiannya juga bisa menjadi alasan mengapa seorang mahasiswa mengundurkan diri dari kampus.

9. Memiliki Minat dan Ketertarikan Lain

Alasan terakhir seorang mahasiswa memilih untuk mengundurkan diri dari kampus adalah memiliki minat dan ketertarikan lain. Minat dan ketertarikan seseorang bisa saja berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu seorang mahasiswa memilih untuk mengundurkan diri dari kampus jika minat baru yang dimiliki dirasa sudah tidak sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni.

Itulah 9 alasan mengapa seorang mahasiswa memutuskan untuk mengundurkan diri dari kampus. Apabila kendalamu karena kuliah itu susah terus ingin mengundurkan diri, coba dalami artikel ini dahulu deh biar lebih terbuka lagi, yaitu Apakah Kuliah Itu Susah?

Ikuti terus artikel yang ada di Duniakampus.id agar kamu bisa mendapatkan informasi bermanfaat lain seputar kehidupan di perkuliahan.

Baca juga: